Trending! Cara Memilih Sepeda Lipat

Belum lama ini, sepeda lipat menjadi trending para pecinta sepeda khususnya di Indonesia. Sepeda lipat ini sangat cocok digunakan daily untuk di perkotaan karena sepedanya yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana, Nah, buat kamu yang saat ini ingin memiliki sepeda praktis ini, kamu tentu perlu beberapa referensi, tips sebelum kamu membelinya supaya tidak salah pilih nantinya. Buat kamu yang sudah tahu, bisa bagikan artikel ini kepada sahabat atau kerabat kamu ya.

1. Tentukan budget

Banyak sekali varian sepeda lipat yang bisa kamu pilih diluaran sana tentunya dengan harga yang berbeda-beda, mulai dengan harga yang murah, sedang dan mahal.

Nah, supaya kamu tidak bingung saat membeli sepeda lipat nanti, kamu perlu menentukan berapa budget yang mau kamu keluarkan. Dengan menentukan budget diawal, dapat mempermudah untuk menentukan sepeda mana yang akan kamu pilih nantinya.

2. Pilih tipe sepeda sesuai selera

Berbagai macam model dan design sepeda lipat yang beredar, terkadang membuat kita kebingungan untuk menentukan model sepeda seperti apa yang akan kita pilih. Dengan mematangkan model sepeda lipat sejak awal, dapat membuat kamu lebih percaya diri saat menggunakannya dan mengurangi resiko salah pilih saat membelinya.

Dalam memilih tipe sepeda lipat, kamu perlu mengumpulkan beberapa referensi sepeda dari berbagai merek ternama sebagai bahan pertimbangan. Untuk memilih tipe dan model sepeda lipat ini, disarankan jangan terlalu terburu-buru dalam memilihnya.

3. Perhatikan bahan rangka

Rangka sepeda merupakan inti dari sepeda itu sendiri, jenis bahan sepeda akan sangat mempengaruhi terhadap bobot sepeda. Selain itu, rangka sepeda juga dapat menjadi penentu kenyamanan saat anda bersepeda terlebih dalam jarak yang jauh.

Secara umum, rangka sepeda lipat yang terbuat dari bahan aluminium memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan rangka besi. Sementara untuk sepeda lipat yang terbuat dari serat karbon, biasanya juga lebih mahal daripada sepeda lipat dengan bahan alloy.

Nah, demi kenyamanan kamu, sebaiknya pilihlah sepeda lipat dengan rangka yang terbuat dari bahan yang ringan, sehingga lebih enteng dibawa kemana-mana. Adapun untuk bobotnya usahakan berada di antara rentang 10 – 20 kg, sesuai dengan kemampuan dan tenaga yang kamu miliki.

4. Perhatikan ukuran roda

Secara umum, ukuran roda sepeda lipat berada di antara 14 hingga 20 inci. Semakin kecil ukuran rodanya, maka semakin ringan dan mudah pula sepeda tersebut untuk dilipat. Akan tetapi, biasanya semakin kecil ukuran roda sepeda lipat, juga akan mengurangi kenyamanan kamu saat berkendara.

Oleh karena itu, disarankan kamu untuk memilih ukuran roda sepeda lipat yang berada di rentang ukuran 15 hingga 18 inci, sesuai dengan keadaan dan kondisi tubuh kamu. Jika diibaratkan tingkatan gear, maka ukuran diameter roda sama seperti tingkatan gear terakhir. Artinya, semakin besar ukuran diameter roda sepeda lipat yang kamu miliki, maka semakin kencang pula  laju sepeda lipat kamu.

5. Tentukan kecepatan sepeda

Terdapat tiga model spesifikasi kecepatan yang bisa kamu pilih, yaitu single speed, internal gear, dan eksternal gear.

Untuk sepeda lipat dengan spesifikasi single speed, berarti hanya memiliki satu percepatan saja. Artinya, sepeda tersebut tidak akan bisa melaju kencang, sekalipun itu di jalan lurus. Bahkan jika sepeda tersebut juga dipakai untuk melewati tanjakan, maka bisa dipastikan kamu akan cepat merasa lelah karena tidak bisa melakukan percepatan sama sekali.

Kemudian untuk model internal dan external gear pada prinsipnya sama saja, yaitu memiliki beberapa level kecepatan yang bisa kamu pilih tergantung dari spesifikasinya. Hanya saja untuk model internal gear, dia terlihat lebih rapi karena posisi gear yang terdapat di dalam hub roda belakang. Sementara untuk model external gear, gear­-nya ditaruh tepat di samping roda belakang yang biasanya terlihat menumpuk, dan sering disebut cassette.

Adapun untuk soal harga, biasanya sepeda lipat dengan model internal gear dijual dengan harga yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan eksternal gear.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *