Tips Ketika Bersepeda oleh SehatQ.com

Tersebarnya pandemic covid-19 menjadikan bermunculannya kebiasan-kebiasaan baru yang terjadi di masyarakat luas, khususnya di Indonesia, setiap orang diharuskan menggunakan masker saat berpergian keluar, menjaga jarak dengan yang lain, selalu mencuci tangan apabila setelah bersentuhan dengan benda atau tangan orang lain.

Uniknya, diantara kebiasan baru diatas ada kebiasaan baru yang tak kalah viralnya di masyarakat, yaitu kegiatan bersepeda. Ya, memang bersepeda ini sudah tak asing lagi sebetulnya. Tetapi, tahukah anda tingkat pengguna sepeda meningkat drastis ketika terjadinya pandemic covid ini.

Karena banyaknya pengguna sepeda baru bermunculan, tidak sedikit dari mereka yang sering mengabaikan cara bersepeda yang baik dan benar agar ketika tujuan bersepeda untuk sehat tetap didapatkan, bukan malahnya menjadi sakit-sakitan.

Bersepeda memang dapat menyehatkan tubuh jika dilakukan dengan benar, tetapi sebaliknya akan berakibat fatal jika dilakukan dengan cara yang keliru. Salah satunya yang sering diabaikan oleh para pesepeda yaitu kehilangan cairan tubuh terlalu banyak atau dehidrasi.

Supaya kegiatan bersepada jadi lebih aman, yuk simak cara menghindari dehidrasi  saat bersepeda yang di rangkum dalam artikel sehatQ.com

Selalu bawa minum ketika hendak bersepeda

Jangan pernah sepelekan hal ini, bawalah selalu botol minum terisi untuk menemani Anda kala bersepeda guna menghindari dehidrasi terjadi. Dalam sebuah media ditulis bahwa efek ‘terparah’ dari dehidrasi saat bersepeda dapat memicu kerja jantung lebih keras dan akibatnya sangat fatal hingga menimbulkan kematian.

Jangan sembarang minum dan makan

Dalam kondisi bersepeda untuk rentang waktu kurang dari satu jam, air mineral maupun minuman kebugaran pengaruhnya tidak banyak berbeda. Namun jika Anda bersepeda dalam kurun lebih dari satu jam, maka minuman ber-elektrolit akan lebih banyak mendatangkan manfaat. Untuk menambah kadar elektrolit, makan kaldu sup yang kaya akan sodium, minum jus buah serta makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang mengandung banyak air dan potassium. Oiya, energy drink yang saat ini beredar banyak menawarkan kandungan elektrolit lebih, namun ingat hindari yang mengandung kafein.

Perbanyak minum air mineral saat bersepeda siang hari

Masalah terbesar bersepeda pada hari yang begitu terik adalah Anda tidak akan pernah cukup minum air karena cairan dalam tubuh yang ‘menguap’ bersama keringat jumlahnya akan jauh lebih banya. Misalnya saja, saya minum satu botol air dalam satu jam bersepeda, sementara dalam waktu yang sama jumlah cairan tubuh yang keluar jumlahnya lebih dari itu.

Minuman yang perlu dihindari saat bersepeda

Untuk menghindari dehidrasi saat bersepeda ini cukup sederhana, minumlah cukup cairan tidak beralkohol atau kopi (lebih baik lagi Anda menghindari minuman bersifat diuretik seperti Teh) 24 jam sebelum menjalankan aktivitas bersepeda. Dan pastikan kecukupan cairan dalam tubuh selama menjalani aktivitas bersepeda.

Yang harus dilakukan jika terjadi dehidrasi

Segera dinginkan suhu tubuh dengan berteduh dan hindari tempat terik, sebisa mungkin dalam ruangan ber-AC normal. Segera penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum air mineral atau minuman ber-elektrolit, Ingat! jangan minum minuman beralkohol atau kopi karena itu akan memperparah dehidrasi Anda.

Langkah selanjutnya untuk menghindari dehidrasi saat berolahraga, anda bisa bertanya kepada dokter melalui aplikasi chat tanya dokter di sehatQ.com

SehatQ.com adalah layanan kesehatan digital yang dapat membantu mengelola kesehatan anda dan keluarga. Mulai dari konsultasi online, booking dokter, informasi rumah sakit, informasi obat-obatan hingga promo-promo menarik seputar pengobatan atau tindakan yang bekerjasama dengan berbagai Rumah Sakit.

Selain itu, di sehatq.com anda juga bisa mendapatkan informasi seputar kesehatan, berbagai macam tips kesehatan dan yang lainnya. Jika anda jarang membuka laptop atau computer, sehatq.com juga tersedia di Appstore dan playstore, sehingga konsultasi online, booking dokter, informasi rumah sakit, informasi obat-obatan dapat dijangkau dimanapun anda berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *