Tips Memulai Bisnis Percetakan

Di masa pandemic ini tak sedikit para pekerja kantoran yang terdampak sehingga menyebabkan di PHK oleh perusahaan, ada yang berputus asa, namun ada juga yang tetap semangat untuk melanjutkan perjalanan hidupnya.

Tidak sedikit orang-orang yang berpindah profesi dari karyawan menjadi pemilik usaha. Ya, hampir kebanyakan orang mulai berjualan atau membuka usaha sendiri akibat pandemic ini. Ada berbagai macam jenis usaha yang saat ini bisa kamu jalankan, mulai dari usaha kuliner, fashion atau jasa, namun untuk kamu yang ingin memulai usaha dengan bidang yang anti mainstream, kamu bisa mencoba memulai usaha dibidang percetakan.

Bisinis percetakan merupakan bisnis yang menjanjikan saat ini untuk dijalankan, karena menurut penulis bisnis percetakan bisa dibilang induknya para pengusaha. Kenapa tidak, setiap usaha apapun itu pasti mereka membutuhkan branding, promosi yang itu pasti akan membutuhkan jasa percetakan untuk memaksimalkan usahanya.

Sebagai contoh, ketika pelaku bisnis fashion membuat sebuah produk, pasti mereka membutuhkan packaging, label, dan lain sebagainya. Nah disitulah bisnis percetakan turun tangan untuk memenuhi kebutuhan pelaku bisnis fashion.

Lalu, apa saja sih yang harus kami persiapkan ketika kamu akan memulai bisnis percetakan? Simak beberapa tips yang sudah indoartikel rangkum dibawah ini.

Mulai mencari informasi dan pengetahuan seputar percetakan

Sebelum memulai bisnis apapun itu, yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin, mencari pengetahuan sebanyak mungin tentang bisnis yang akan kamu terjun didalamnya.

Dalam hal ini bisnis percetakan, tentu yang harus kamu lakukan adalah mencari informasi misalnya dimana kamu akan membeli bahan baku dengan harga murah, dimana kamu akan membeli peralatan percetakan dengan harga yang murah tetapi kualitas bagus, gak harus beli baru, bekas pun tidak mengapa asalkan kondisi masih bagus dan semua itu bisa kamu dapatkan jika kamu mulai mencari informasi percetakan hari ini.

Selain itu, informasi tentang permodalan pun perlu kamu pelajari agar ketika kamu akan memulai bisnis percetakan sudah mengetahui estimasi biaya yang akan kamu keluarkan nantinya.

Perbanyak relasi

Poin penting selanjutnya adalah perbanyak relasi. Dengan banyaknya relasi, kamu bisa saling tukar pikiran tentang bisnis, kamu bisa mendapatkan banyak masukan jika bisnis kamu sedang tidak berjalan dengan baik.

Yang paling penting dengan relasi, ketika kamu mendapatkan orderan percetakan tetapi ditempatmu tidak bisa mengerjakan atau alat percetakan tidak memadai, kamu bisa tetap menerima orderan tersebut dan melemparkan tempat produksinya di tempat percetakan relasian kamu. Menguntungkan bukan? 

Menentukan lokasi percetakan

Poin yang sering diabaikan para pelaku usaha apapun adalah lokasi toko atau tempat usaha yang akan dibangun. Karena tidak sedikit para pelaku usaha yang akhirnya gulung tikar dikarenakan tempat usaha yang mereka bangun tidak tepat.

Sebagai contoh, jika kamu memulai bisnis percetakan, maka bangunlah toko atau tempat usaha percetakanmu yang dekat komplek sekolah, universitas, pabrik, rumah sakit atau dekat dengan komplek pertokoan usaha retail seperti toko fashion.

Perluas jangkauan melalui promosi online

Saat ini semua usaha di bidang apapun sudah mulai go online, maka poin selanjutnya yang tidak kalah penting adalah perluas jangkauan jasa percetakanmu melalui promosi online. Kamu bisa menggunakan promosi online secara organic seperti melalui Instagram, facebook, website dengan gratis. Tapi cara organic ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu kamu perlu memperluas jangkauan melalui traffic berbayar atau biasa yang kita kenal dengan cara beriklan.

Iklan tersebut bisa berupa facebook dan Instagram ads, google ads, youtube ads dan lainnya. Tetapi menurut penelitian untuk kasus dibidang usaha jasa percetakan, akan lebih tepat jika kamu menggunakan strategi promosi online melalui google ads.

Itulah beberapa tips yang bisa mulai kamu praktekan jika kamu akan memulai bisnis percetakan saat ini. Jika ada masukan lainnya, boleh tambahkan di kolom komentar yaaaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *